Penulis

Foto Saya
annissa
Surakarta, Indonesia
Lihat profil lengkapku
Feeds RSS
Feeds RSS

Senin, 01 November 2010

Contoh pidato memperingati HARDIKNAS

“ Pidato Memperingati Hari Pendidikan Nasional ”

Assalamu ’alaikum Wr. Wb.

Yang terhomat Bapak Kepala Sekolah; Yang kami hormati Bapak/Ibu Guru dan Karyawan SMP NEGERI 1 BATURETNO; serta adik-adik kelas VII, VIII, dan teman-teman kelas IX yang kami sayangi.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat wal afiat dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional ini.
Hadirin yang kami hormati,
Kita semua tahu bahwa pendidikan itu sangatlah penting, khususnya bagi para pelajar dan pemuda. Karena itu, haruslah mendapat perhatian khusus dalam mencetak dan mempersiapkan mereka sebagai generasi penerus harapan bangsa.
Selain pelajar dan pemuda, kaum tua pun wajib mendapatkan pendidikan. Misalnya dengan sistem belajar Kejar Paket A, Paket B, dan sebagainya. Agar dapat mengikuti arus perkembangan bangsa menuju dunia modern. Sehingga pembangunan yang kita laksanakan dapat berjalan dengan lancar.
Hadirin yang kami hormati,
Hal yang mengenai pendidikan ini telah dicantumkan dalam UUD 1945 alenia empat yaitu “ Pemerintahan Negara Indonesia berkewajiban mencerdaskan kehidupan bangsa.” Juga dalam batang tubuh pasal 31 UUD 1945 ayat satu yaitu “ Tiap-tiap warga negara berhak untuk mendapatkan pengajaran.” Jadi semua warga negara berhak mandapatkan pengajaran, baik kaya ataupun miskin.
Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, dibebankan kepada semua pihak yakni siswa dan pendidik. Keduanya sama-sama mempunyai peranan. Siswa harus tekun belajar agar pengetahuannya makin luas dan makin dalam. Dan pendidik pun juga harus jeli dalam menilai anak didiknya.




Hadirin yang berbahagia,
Kita ingat bukan bahwa Bapak Ki Hajar Dewantara merupakan Bapak Pendidikan? Beliau berpendapat bahwa seorang pendidik yang ingin berhasil hendaknya :
1.      Dapat memberi suri tauladan yang baik.
2.      Dapat membangkitkan semangat kerja dan berkarya
3.      Bersikap penuh keuletan
Dengan memiliki konsep-konsep dasar seperti ini, diharapkan pendidik mampu mendidik anak didiknya menjadi tenaga siap pakai dan tak mudah putus asa. Agar dapat menjunjung tinggi martabat bangsa dan negara.
Sebagai ungkapan rasa terima kasih kita kepada Beliau Bapak Pendidikan Nasional serta tokoh-tokoh yang lain, marilah kita do’akan agar  amal ibadah mereka diterima oleh Allah, dan dapat diberi imbalan yang setimpal. (Amiin…..)
Demikianlah beberapa patah kata yang dapat kami sampaikan dalam acara ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih atas perhatiannya, dan mohon maaf atas segala kekurangannya. Billahi Taufiq Wal Hidayah,

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Posting Komentar